Kesenian Genjring Rudat Cirebon

0 571

Pertunjukan seni Cirebon – Cirebon sebagai salah satu kota besar di Jawa Barat memiliki adat istiadat dan pertunjukan seni tersendiri salah satunya adalah Genjring Rudat. Genjring Rudat adalah pertunjukan seni Cirebon yang telah ada sejak beberapa abad lalu. Salah satu seni tari yang menggunakan alat musik genjring ini merupakan seni khas Cirebon yang patut diapresiasi dan dilestarikan.

Pada awalnya Seni Rudat hanya berkembang di pesantren-pesantren, namun kemudian seni yang bernafaskan Islam ini berkembang pula di masyarakat umum. Munculnya kesenian berawal dari tumbuhnya semangat perjuangan masyarakat dalam upayanya melawan penjajah yang dipimpin oleh seorang pangeran dari Kesultanan Kanoman Cirebon.

Bersama pimpinan-pimpinan pesantren ia menyusun kekuatan dengan mengajarkan ilmu beladiri pada para santri. Kegiatan tersebut kemudian disamakan dengan membentuk gerakan-gerakan berbentuk tarian. Maka dalam tarian Rudat, kita akan melihat perpaduan gerak silat, dzikir dan gerakan sholat, kemudian diiringi dengan lantunan puji-pujian yang mengagungkan asma Allah dan Rasulnya. Adapun alat musik yang digunakan dalam pertunjukan Rudat adalah perangkat genjring, trebang dan bedug.

Genjring rudat merupakan bukti sejarah masa lalu tentang pergerakan kuat melawan penjajah yang disamarkan dalam bentuk tarian yang saat ini pun masih sering ditampilkan saat acara besar keislaman di Cirebon. Pertunjukan seni Cirebon genjring rudat diharapkan mampu mengembalikan masyarakat Cirebon untuk menghargai sejarah perjuangan pangeran keraton, ulama dan santri yang melawan penjajahan Belanda.

Namun, Genjring rudat kini mulai tidak diminati para kawula muda Cirebon karena perkembangan jaman yang semakin maju hingga terkikisnya cinta pada seni budaya sendiri.

Source Genjring Rudat, Pertunjukan Seni Cirebon Bernuansa Islam GENJRING RUDAT
Comments
Loading...