Kesenian Gambang Kromong Tangerang Banten

0 31

Kesenian Gambang Kromong Tangerang Banten

Gambang Kromong adalah salah satu kesenian khas di Tangerang. Perkembangan kesenian gambang kromong di daerah itu tidak terlepas dari etnis Tionghoa yang bermukim di sana. Mulanya seni musik itu dimainkan hanya untuk mengisi waktu senggang.

Pada saat tidak bekerja, warga Cina Benteng (keturunan Cina di Tangerang) berkumpul dan memainkan musik. Lagu-lagu dari tanah Cina itu dimainkan dengan aneka alat musik khas Tiongkok. Karena tidak memiliki iang-khim, para warga keturunan tersebut menggunakan gambang yang merupakan alat musik lokal. Iang-Khim sendiri merupakan alat musik sejenis kecapi yang dimainkan menggunakan bambu pipih.

Kesenian musik gambang kromong mulai dikembangkan sekitar tahun 1880-an. Pada saat itu Wijkmeester Teng Tjoe memprakarsai berdirinya orkestra gambang. Dalam pernampilannya ditambahkan pula alat musik lokal seperti kromong, gendang, kempul, dan gong. Dari sana lahirlah kesenian gambang kromong.

Rangkaian nada yang terdengar dalam kesenian gambang kromong merupakan hasil perpaduan berbagai alat musik. Alat musik Cina yang dipakai adalah su-kong, teh-hian, dan kong-a-hian. Meski menggunakan jumlah dawai yang sama, ketiga alat musik itu menghasilkan bunyi yang berbeda.

Dalam gambang kromong juga digunakan bangsing (seruling), pan (kecrek), serta sio-lo yang berupa dua buah piringan. Sedangkan alat musik Jawa/Sunda yang dimainkan untuk melengkapi gambang kromong adalah gambang, seperangkan kromong dan gendang, serta dua buah gong.

Musik gambang kromong menggunakan tangga nada pentatonik. Sedangkan lagu-lagunya dibedakan menjadi lagu pobin, lagu dalem, dan lagu sayur. Lagu pobin merupakan lagu instrumental Cina. Lagu dalem adalah lagu yang diciptakan nsendiri dan umumnya berasal dari puisi Melayu-Tionghoa. Sedangkan lagu sayur khusus diciptakan untuk mengiringi orang berjoget. Selain itu, ada pula beberapa lagu khas Sunda yang kerap dimainkan seperti Awi ngarambat, Gaplek, Kembang Beureum, dan sebagainya.

Gambang kromong sering ditampilkan di berbagai kegiatan seperti pernikahan maupun acara budaya lain. Kesenian campuran itu juga selalu ditampilkan untuk mengiringi lenong. Kesenian ini juga turut dimainkan saat Festival Cisadane.

Source http://jakarta.panduanwisata.id/ http://jakarta.panduanwisata.id/beyond-jakarta/tangerang/gambang-kromong-seni-musik-khas-cina-benteng/

Leave A Reply

Your email address will not be published.