Kesenian Dodod Pandeglang

0 218

Merupakan seni pertunjukan yang menggambarkan kegiatan masyarakat ketika menanam padi. Tampilannya berupa tarian diiringi beberapa buah angklung dan dog-dog (sebutan masyarakat dodod). Gerakan merupakan peniruan dari gerak mencangkul, tandur, ngarambet (membersihkan rumput dengan tangan).

Kesenian Dodod adalah salah satu seni tradisional di tanah Sunda Wiwitan, kesenian ini pada awalnya merupakan ritual para petani padi yang dipersembahkan pada Dewi Padi (Dewi Sri) agar proses muali dari penanaman sampai panen padinya lancar dan berbuah melimpah, oleh karenanya tarian Dododpun diambil dari gerakan-gerakan seperti menanam dan memanen padi dan ada juga gerakan tarian yang mirip dengan gerakan pencak silat. Namun seiring dengan kedatangan Islam ke Nusantara maka islamisasipun terjadi di tanah Sunda dan tarian Dododpun diasimilasi dengan nafas-nafas Islam.

Tarian Dodod saat ini keberadaannya hampir punah, Kabupaten Pandeglang adalah salah satu wilayah yang memiliki kesenian ini salah satunya di Kecamatan Saketi Kabupaten Pandeglang-Banten, kelompok Dodod dari Saketi ini sering di undang ke momen tertentu terutama resepsi pernikahan dan sunatan meskipun kini jarang.

Source https://ojifahrurojiindonesia.wordpress.com/tag/budaya-masyarakat-pandeglang/ https://ojifahrurojiindonesia.wordpress.com
Comments
Loading...