Kesenian Dhadungawuk Yogyakarta

0 39

Kesenian Dhadungawuk Yogyakarta

Yogyakarta merupakan daerah istimewa yang menawarkan banyak hal yang berkaitan dengan seni dan budaya. Setiap melangkahkan kaki di kota istimewa ini, tentunya akan disambut dengan banyak penampilan yang mengesankan untuk para wisatawan.

Salah satu bentuk seni pertunjukan yang masih eksis di Yogyakarta hingga saat ini salah satunya adalah kesenian Dadungawuk. Keberadaan Dhadungawuk belum banyak dikenal oleh masyarakat luas, khususnya masyarakat Yogyakarta sendiri meskipun keberadaanya telah lama muncul.

Jika dilihat sepintas, kesenian ini hampir mirip dengan ketoprak. Kesenian ketoprak memiliki tema dan alur cerita yang lebih luas dan cenderung “bebas” dalam memilih judul, tetapi tidak dengan kesenian Dhadungawuk yang hanya berkisah tentang Dhadungawuk dan Jaka Tingkir.

Dhadungawuk mempunyai cerita tersendiri yang masih menjadi “pakem” dari dahulu hingga saat ini. Seiring perkembangan zaman konsep penampilanya sedikit berkembang namu tetap tidak merubah inti cerita. Kesenian rakyat ini mulai muncul di Yogyakarta sekitar tahun 1950an. Jenis teater tradisional ini menempatkan dialog lebih mendominasi dibanding tarian dalam setiap pementasannya.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbyogyakarta/2018/01/23/kesenian-dhadungawuk-merangkul-generasi-muda-melestarikan-seni-tradisi/
Comments
Loading...