budayajawa.id

Kesenian Dablong Pekalongan

0 48

Kesenian Dablong Pekalongan

Dablongan merupakan karya seni lama berbentuk teater tradisional, dimana teater semacam ini pada masa-masa tempo doeloe merupakan suatu bentuk teater yang benar-benar tumbuh dan berkembang dari dan untuk rakyat serta merupakan bentuk teater tertua yang pernah hidup di Pekalongan.

Dablongan adalah merupakan jenis teater rakyat yang mempunyai khasanah yang luas baik dipandang dari segi fungsi, bentuk, jenis maupun penyajiannya. Dablongan pun mampu dirasakan sebagai milik bersama, akrab dengan lingkungan, berbentuk sederhana, pelaksanaanya spontan, bertemakan babad legenda cerita rakyat, atau pun dongeng. Sedang dialog ataupun iringanya benar-benar taradisionil dan sangat sederhana namun kesamaanya mengandung arti masing-masing.

Menurut penjelasan dari beberapa pihak dan beberapa petunjuk dari beberapa catatan bahwa riwayat DABLONGAN timbul sejak jaman keruntuhan kerajaan majapahit, dimana orang majapahit yang tak bersedia ataupun tak pengaruh untuk masuk Isalam memancar kedaerah lain diantaranya disekitar Borobudur Magelang. Dan disinilah beberapa orang  majapahit itu yang waktu itu beragamakan rangkap Hindu dan Budha bermukim sampai turun temurun. Untuk menyebar luaskan agama yang masih kuat dianutnya berapa jalan ditempuh dan diantaranya lewat suatu media seni budhaya.

Source https://www.pekalongankota.go.id https://www.pekalongankota.go.id/artikel/dablongan
Comments
Loading...