Kesenian Celempungan di Kabupaten Purwakarta

0 49

Kesenian Celempungan di Kabupaten Purwakarta adalah jenis keseniann tradisional cukup langka dan baru pada saat ini mulai menampakan diri kembali. Bentuk kesenian Celempungan yang ditampilkan mengambil format baru dengan cara mengadopsi beberapa kesenian tradisional, yaitu rampak kendang awi, tembang cianjuran, dan kiliningan, yang telah lebih dahulu populer.

Celempung merupakan alat musik tradisional dari Jawa Barat yang asal mula keberadaannya tidak diketahui berasal darimana dan kapan alat musik tersebut diciptakan. Celempung sendiri merupakan alat musik yang terbuat dari hinis bambu yang memanfaatkan gelombang resonansi yang ada dalam ruas batang bambu tersebut. Jika menginginkan suara tinggi, lubang (baham) dibuka lebih besar, sedang untuk suara rendah, lubang ditutup rapat-rapat. Suara Celempung bisa bermacam-macam tergantung kepada kepintaran si pemain musik. Namun sayangnya, untuk saat ini, jenis alat musik ini sudah jarang dimainkan, sebab dalam ensambel yang disebut Celempungan, perannya kini sudah diganti  dengan Kendang.

Celempungan sendiri adalah kesenian tradisional Jawa Barat yang merupakan bagian perkembangan dari Celempung. Celempungan merupakan kesenian sekar gending yang terdapat di Kabupaten Subang kampung adat Banceuy, dan tersebar di perkampungan dan tatar Sunda. Celempungan dapat disaksikan dalam acara-acara hajatan seperti pernikahan, khitanan atau pesta kenegaraan serta upacara-upacara lainnya yang dianggap penting. Dalam kesenian, Celempungan mempunyai instumen-nstrumen seperti Kecapi, Rebab, Celempung, dan Gong Buyung.

Source https://alampedia.blogspot.co.id/2014/12/celempung-alat-musik-pukul-tradisional.html alampedia.blogspot.co.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.