Kesenian Bola Tangan Api Di Sukabumi

0 134

Kesenian Bola Tangan Api Di Sukabumi

Kesenian Boles (Bola Leungeun Seuneu) atau bola tangan api merupakan kesenian atau permainan bola api yang dimainkan pada jaman Kerajaan Pajajaran Prabu Siliwangi (Menurut Kitab Suwasit). Pada saat ini Kesenian Tradisional Boles atau permainan bola leungeun seuneu (bola tangan api) telah menjadi ikon Kota Sukabumi. Dan dikembangkan oleh sanggar seni Al-Fath (Pondok Pesantren Dzkir Al-fath Sukabumi) yang bertempat di Perum Gading Kencana Asri Blok G IV Kelurahan Karang Tengah Kec Gunung Puyuh.

Bola api yang sudah dimainkan dari tahun ke tahun, setiap satu tahun sekali pada malam bulan Ramadhan setelah shalat tarawih. Bola api terbuat dari kelapa yang sangat kering yang sudah tidak ada airnya, kemudian kelapa tersebut dikupas lapisan kulit terluar sehingga ting gal serabutnya saja. Selanjutnya kelapa tersebut di rendam dengan minyak tanah yang kemudian dibiarkan selama sehari semalam.

Kemudian saat akan main, kelapa tersebut di bakar, ujar salah satu pengurus ponpes tersebut. Beliau juga mengatakan bahwa permainan bola api harus dimainkan oleh orang-orang yang sudah ahli dan harus mempunyai teknik-teknik tertentu, karena permainan ini adalah permainan yang sangat berbahaya. Sebelum para pemain memainkan bola api mereka harus dipimpin untuk di beri doa-doa khusus untuk menjaga keselamatan mereka.

Source http://kabarburung14.blogspot.co.id/ http://kabarburung14.blogspot.co.id/2015/01/mengenal-kesenian-tradisional-sukabumi.html
Comments
Loading...