Kesenian Beksan Sekarpinuji, Yogyakarta

0 38

Beksan Sekarpinuji adalah sebuah tari klasik gaya Yogyakarta yang menggambarkan tentang tarian yang menjadi symbol kehalusan para remaja dalam berolah gerak untuk meraih harapan agar nantinya mampu menjadi manusia yang terpuji berguna bagi nusa dan bangsa. Tarian ini merupakan ciptaan dari Dr. KRT Sunaryadi Maharsisworo, SST, M.Sn pada tahun 2015 dan pertama kali ditarikan di Balai Kajian Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam acara ini beliau juga di beri penghormatan/penghargaan sebagai salah satu “Maestro Tari” yang ada di DIY.

Tarian ini ditarikan pada Pagelaran Pariwisata di Pendopo Trajumas oleh Sanggar Tari Pusat Olah Seni dan Bahasa Retno Aji Mataram, yang merupakan sebuah acara rutin yang kali ini digelar pada tanggal 26 Agustus 2018 yang bertujuan sebagai tontonan bagi wisatawan lokal maupun asing yang datang mengunjungi Kraton Yogyakarta. Selain itu, pagelaran ini sebagai tempat dan sarana ekspresi bagi seniman-seniman Yogyakarta.

Pusat Olah Seni dan Bahasa Retno Aji Mataram (POSRAM) adalah sebuah sanggar tari klasik gaya Yogyakarta dan tari modern yang berdiri pada tanggal 9 Juli 1984 yang didirikan oleh Dr. KRT. Sunaryadi Maharsisworo, SST. M. Sn. Sanggar tari ini mempunyai base camp di jalan Gedongkiwo MJ I/886 Yogyakarta 55142- Indonesia. Tarian ini dapat dikategorikan sebagai tarian kelompok  yang sangat fleksible untuk ditarikan dimana saja dan dalam rangka apa saja, seperti pernikahan, festival maupun hiburan.

Ragam gerak dalam tarian ini, semuanya mengacu pada tari klasik putri gaya Yogyakarta yang kesemuanya dibuat sederhana dan durasi yang pendek. Ragam geraknya hanya kapang-kapang, jineman kemudian masuk ke gendhing. Pola lantainya mengacu pada yang sudah ada dimulai dari kanan panggung kemudian ketengah dan kekiri, dimana semuanya sudah divariasi, sehingga terlihat lebih atraktip dan dinamis untuk dilihat oleh para wisatawan.

Busana yang dipakai pada Beksan Sekarpinuji ini memakai kain dengan motip parang, bagian atasnya menggunakan mekak berwarna hijau bersulamkan emas, dilengkapi dengan sampur cinde, slepe yang di pakai dipinggang, konde bokoran, cundhuk mentul, cundhuk jungkat, sepasang subang (ronyok), sumping, klat bahu, cincin, gelang kana dan kalung tanggalan (susun 3). Riasan yang dipergunakan menggunakan riasan cantik yang memperkuat karakter lakon apa yang dibawakan penarinya.

Iringan gendhing yang mengiringi Beksan Sekarpinuji menggunakan gendhing Jineman paharyan, sekar piniji dan ladrang sekar arum laras pelog patet nem. Sebuah tarian harus mengandung unsur 3 W untuk mencapai kesempurnaan yaitu Ingkang kawastan djoged inggih punika obahing sadajo sarandhuning badhan (Wiraga), katata pikantoek wiramaning gendhing (Wirama), Djoemboehing pasemon kalajan pikadjenganing djoged (Wirasa).

 

Source https://myimage.id https://myimage.id/beksan-sekarpinuji/
Comments
Loading...