Kesenian Bangkong Reang Cianjur

0 155

Kesenian Bangkong Reang Cianjur

Pagelaran adalah sebuah kecamatan secara administratif termasuk dalam wilayah Kabupaten Cianjur. Dari kota Cianjur jaraknya kurang lebih 90 kilometer ke arah selatan. Jadi, kecamatan ini berada di wilayah Cianjur-Selatan. Di sana ada sebuah kesenian yang bernama “Bangkong Reang”. Konon, disekitar tahun 70-an di salah satu kecamatan yang berbatasan dengannya, yaitu Kecamatan Ciwidey yang berada di sebelah timurnya, persisnya di Kampung Lebakmuncang, Desa Lebakmuncang, ada tiga orang seniman yang bersaudara. Mereka adalah Yayat alias Bang Jampang, Komar Sukiman, dan Anom Sukiman. Ketiga seniman tersebut ahli dalam pembuatan peralatan musik calung.

Suatu saat ketika salah seorang dari mereka (Yayat) sedang membuat alat musik calung, bambu yang dipersiapkan terinjak dan pecah. Pecahnya bambu tersebut membuat ia marah. Dan, untuk melampiaskan kemarahannya, ia pun memukulnya berulang-ulang. Pemukulan itu tentu saja mengeluarkan bunyi. Dasar seniman; dalam suasana marah pun ia sempat memperhatikan bunyinya yang khas. Lalu, ia memukulnya lagi secara berulang-ulang untuk meyakinkan kekhasan bunyi yang dihasilkan. Bunyi yang menyerupai suara katak (bangkong) itulah yang mengilhami terwujudnya suatu kesenian yang kemudian disebut sebagai “Bangkong Reang” .

Di masa lalu kesenian yang disebut sebagai bangkong reang ini pernah mengalami kejayaan. Malahan, kesenian ini pada tahun 1992 pernah menjadi Jura Kedua pada acara helaran seni tradisional se-Jawa Barat. Namun demikian, dewasa ini kondisinya memprihatinkan karena para senimannya sudah mulai langka, sementara generasi mudanya enggan untuk mempelajarinya. Kondisi ini jika dibiarkan begitu saja bukan hal yang mustahil kesenian tersebut akan punah. Dan jika itu terjadi berarti masyarakat Cianjur, khususnya masyarakat Pagelaran, akan kehilangan salah satu unsur jatidirinya. Menyadari hal itu, maka Pemerintah Daerah (Pemda) setempat, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaannya (2002) berusaha untuk menginventarisasi dan mendokumentasikannya dalam rangka melestarikannya.

Source http://uun-halimah.blogspot.co.id/ http://uun-halimah.blogspot.co.id/2007/12/bangkok-reang-cianjur.html
Comments
Loading...