Kesenian Bajidoran Euis Walet Purwakarta

0 60

Kesenian Bajidoran Euis Walet Purwakarta

Para penari masuk kearea panggung, bahkan seperti tidak ada tanda-tanda pertunjukan akan ramai. Akan tetapi ketika para penari masuk ke area panggung, dan lagu pertama dikumandangkan. Seperti yang terhipnotis oleh lantunan lagu “Kembang Gadung“, lagu sakral yang biasa mengawali berbagai pertunjukan kesenian buhun, tidak hanya kesenian Bajidoran ini saja.

Orang-orang langsung ikut bergoyang mengikuti hentakan musik yang dimainkan oleh para nayaga. Suasananya hampir menyerupai pertunjukan musik elektronik Drum n Bass. Musik kencang dengan suara kendang yang sangat khas karena seperti hampir di level peak  dan lebih mirip  suara besi dari pada suara kulit yang dipukul.

Seperti biasa di Taman Budaya Bandung Jawa Barat seperti sudah menjadi hal yang rutin, selalu diselenggarakan pertunjukan Bajidoran. Namun ada yang berbeda untuk pertunjukan kali ini, karena biasanya grup Bajidoran yang mengisi pergantian tahun adalah grup-grup yang berasal dari Karawang atau dari Subang, sebagai lumbung kesenian Bajidoran ini. namun kali ini berasal dari Purwakarta, Bajidoran Euis Walet yang dipimpin oleh Ibu Euis Walet. ternyata kota Purwakarta pun memiliki grup Bajidoran yang mumpuni, terbukti dengan penonton yang terhipnotis menari sepanjang malam hingga pergantian tahun.

Source http://gigipriadji.net http://gigipriadji.net/bajidoran-euis-walet-purwakarta/

Leave A Reply

Your email address will not be published.