Kesenian Angklung Kenconowungu, Cilacap 

0 13

Angklung Kenconowungu Cilacap

Di tengah derasnya arus budaya yang beragam, terutama dalam dunia seni musik, kehadiran musik tradisional angklung ternyata tidak kalah penggemar. Di hari ke empat gelar Pekan Raya Indonesia (PRI) 2016, di ICE BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten, grup musik angklung Kenconowungu Cilacap menarik ribu pengunjung PRI. Anies, salah seorang personil grup angklung Kenconowungu Cilacap mengaku, sebenarnya musik tradisional yang terbuat dari bambu ini masih banyak disukai oleh masyarakat.

Apalagi, gaya musik serta lagu yang dibawakan mengikuti trand lagu-lagu masa kini. Sehingga terdengar lucu dan menghibur. Peralatannya pun dilengkapi dengan gendang sebagai pengganti bas dengan mengunakan tong plastik dan permukaan terbuat ban mobil bekas. Suara musik ini terdengar unik, tetapi enak didengarkan di telinga.

Sebagai contoh ketika grup yang terdiri dari 7 orang personil menyanyikan ‘Alamat Palsu’ yang dilantunkan oleh Ayu Ting-ting, sontak pengunjung PRI yang berasal dari berbagai kalangan berhenti dan ikut menikmati tembang tersebut. Kalau kita melihat seperti apa masyarakat menyukai musik angklung ini, kita mengukurnya kalau kita sedang ngamen. Ini banyak yang nanggap, terus ngasih saweran, berarti kan banyak yang suka.

Senada diungkapkan oleh Yogi, salah seorang personil yang memainkan alat musik gendang yang terbuat dari tong, dengan permukaan karet bekas ban mobil itu. Sejauh ini, penggemar musik angklung sudah cukup banyak. Cuma ya begitu, kalau ibarat makanan, kemasannya kurang ok. Apalagi kita hari-hari kan ngamen, terkadang kita melihat orang yang mendengar itu suka, manggut-manggut, kadang ikut nyanyi, tapi enggak mau mendekat,” paparnya. Namun, kata Yogi, ketika musik tradisional dari bambu yang populer di wilayah Banyumas dan Cilacap ini dikemas dengan baik dan dimainkan di tempat yang bagus, penontonnya banyak sekali.

Source https://merahputih.com https://merahputih.com/post/read/angklung-kenconowungu-cilacap-gebrak-pengunjung-pri-2016

Leave A Reply

Your email address will not be published.