Kertanegara, Raja Hebat dari Kerajaan Singasari

0 244

Kertanegara, Raja Hebat dari Kerajaan Singasari

Saat masa pemerintahan Kertanegara, dia ingin semua wilayah Nusantara menjadi milik Singasari. Ada beberapa tempat yang berhasil ditaklukkan, seperti Bali, Kalimantan Barat Daya, Maluku, Sunda dan Pahang. Tujuan dari pembesaran wilayah ini adalah untuk mengimbangi kekuatan Kubilai Khan dari China. Pada tahun 1275 Masehi, Kertanegara mengirimkan ekspedisi pamalayu di bawah pimpinan Kebo Anabrang. Salah satu strateginya adalah dengan menanamkan jiwa Singasari pada rakyat Melayu.

Kertanegara selalu memandang Cina sebagai saingan. Sudah tidak terhitung lagi berap kali Kisar Cina menyuruh Kertanegara buat mengakui kekuasaan Cina, tetapi Kartanegara tidak mau. Untuk menciptaka pemerintahan yang kuat dan teratur, Kertanegara  membentuk badan pelaksana untuk membantu raja.

Di masa pemerintahan Kertanegara, agama Hindu dan Buddha berkembang dengan baik. Bahkan ada percampuran agama Buddha dan agama Hindu seperti Syiwa-Buddha. Raja Kertanegara sendiri adalah penganut aliran Tantrayana. Ketika kerajaan Singhasari semakin melemah, Kerajaan Kediri dibawah perintah Jayakatwang menyerang.

Kertanegara meninggal dan jenazahnya dimakamkan di Candi Jawi di Pandaan dan Candi Singosari. Di Surabaya, Arca Joko Dolok juga dipercaya sebagai perwujudan Kertanegara. Terbunuhnya Kertanegara jadi akhir cerita kerajaan Singaasari.

Source Kertanegara, Raja Hebat dari Kerajaan Singasari Merdeka.com
Comments
Loading...