Kerapan Kambing

0 126

Kerapan Kambing

Kerapan kambing adalah suatu perlombaan, di daerah Madura dan Probolinggo, yang menggunakan kambing sebagai pelarinya. Ini berbeda dengan Kerapan sapi karena tidak ada manusia yang dapet mengendalikan kambinya. Oleh karena itu, perlombaan ini sangat disukai oleh warga dan juga sudah mulai dikenal oleh mancanegara. Contohnya Keberadaan kerapan Kambing di kabupaten Probolinggo Jawa timur.kini semakin di kenal masyarakat luas .tak hanya wisatawan lokal bahkan wisatawan mancanegara pun ikut menyaksikan perlombaan.

Berbeda dengan Karapan Sapi, menjadi joki dalam lomba Karapan kambing jauh lebih sulit. Kambing lebih susah patuh dan berlari ke arah garis finis. Meski sudah sering dilatih, beberapa kambing justru lari ke arah berbeda dan menyeruduk panitia. Saat perlombaan dimulai, ada kambing yang malah balik arah. Kelucuan kambing-kambing inilah yang menarik bagi warga sekaligus menjadi tantangan tersendiri bagi joki untuk mengendalikan kambing-kambingnya. Gelak tawa terjadi saat kambing yang dipacu keluar lintasan, menabrak penonton, bahkan panitia pun ikut ditabrak. Jika dilihat sepintas, memang terkesan mudah mengendalikan kambing-kambing tersebut. Namun para joki dibuat kewalahan karena kambing tersebut bukan binatang pacuan. Akhirnya mereka seringkali berbelok arah dan berlari keluar jalur.

Selain sebagai ajang ekspresi para pecinta kerapan kambing .kegiatan ini juga kini menjadi wisata gratis bagi warga Probolinggo sekitarnya, hal itu terbukti selama dua hari perhelatan lapangan yang menjadi arena selalu di penuhi oleh pengunjung.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Kerapan-Kambing/
Comments
Loading...