Kepercayaan Suku Sunda

0 81

Kepercayaan Suku Sunda

Mayoritas Suku sunda memeluk agama Islam. Tetapi juga ada beberapa suku sunda yang tidak memeluk agama Islam karena memiliki keyakinan dan kepercayaan yang berbeda. Orang – orang atau suku sunda yang tidak memeluk agama islam bisa diketahui sebagai berikut ini , Orang Baduy : Semua orang baduy yang bertempat tinggal di Banten akan tetapi mereka juga ada yang memeluk agama Kristen, agama Hindu, agama Budha dan agama Katolik. Selain itu mereka juga masih mempercayai mistik sehingga masih banyak yang mempraktekkan sinkretisme dan juga mistik yang mereka percayai.

Jadi pada umumnya semua kehidupan yang ada pada orang sunda sudah di tunjukkan untuk memberikan keseimbangan di alam semesta. Dimana keseimbangan magic yang masih di gunakan seperti dengan adanya sebuah upacara adat tetapi keseimbangan yang lain juga masih tetap dipertahankan seperti keseimbangan sosial. Keseimbangan sosial yang sering dilakukan oleh Suku Sunda adalah kegiatan seperti saling membantu dengan gotong royong dengan yang lainnya. Hal seperti ini adalah hal yang membuat suku sunda menarik seperti hal nya dengan adanya lakon dari patung yang sering di sebut dengan Lutung Kasarung.

Lutung Kasarung merupakan salah satu tokoh yang ada di suku sunda. Mereka percaya bahwa adanya Allah dan Allah itu satu (Guriang Tunggal) dan juga yang sudah menitiskan beberapa bagian kecil dariNya yang telah dilahirkan ke dunia sehingga bisa melihat kehidupan manusia atau yang sering disebut dengan titisan Allah (Dewata). Sehingga semua ini yang akan bisa menjadi suatu jembatan yang memiliki fungsi yaitu untuk memberikan komunikasi kabar baik di antara mereka semua.

Source http://cintanegeri.com/ http://cintanegeri.com/apasih-kebudayaan-suku-sunda/
Comments
Loading...