Kepercayaan Meninggal Hari Selasa dan Sabtu Membawa Teman

0 4.000

Kepercayaan Meninggal Hari Selasa dan Sabtu Membawa Teman

Setiap budaya pasti memiliki suatu daerah keyakinan dan anggapan yang berbeda – beda. Yang merupakan suatu kepercayaan dan turun temurun dari generasi sebelumnya. Sama halnya di Jawa yang memiliki berbagai keyakinan dan pendapat. Salah satunya ialah orang yang meninggal di hari selasa dan sabtu akan membawa teman.

Pada umumnya kematian adalah kehendak dari sang kuasa dan tidak ada satu umat pun yang mengetahui kapan waktu itu tiba. Membawa teman di hari kematian selasa dan sabtu di artikan bahwa setelah kematian di  hari selasa atau sabtu maka ada kemungkinan besar akan ada orang yang meninggal lagi dalam waktu dekat dilingkungan orang pertama meninggal.

Sebagai Contoh dalam masyarakat Jawa bila di suatu kampung ada yang meninggal di hari tersebut maka minggu depannya lagi di hari yang sama ada yang meninggal pula di kampung tersebut, bahkan bisa sampai 5 hingga 6 orang di hari sabtu dan selasa di kampung yang sama.

Kepercayaan tersebut belum pasti akan sejarahnya, tetapi anggapan tersebut sudah menyebar di kalangan masyarakat Jawa dan sekitarnya. Ada hal-hal yang di anggap kepercayaan memang terkadang benar adanya. Bila berfikir mengenai suatu anggapan dan mitos salah satunya adalah sebagai bagian dari kontrol diri dan kontrol norma sosial.

 

Dari kejadian kematian di hari selasa dan sabtu kita dapat mengambil suatu kesimpulan bahwa setiap yang bernyawa pasti akan meninggal, terlepas apakah kepercayaan itu benar atau tidaknya. Kematian adalah hal yang wajib kita percayai sebagai kehendak dari Yang Maha Kuasa.

Hal ini bukan untuk dipercayai dan dibuktikan  atau bukan juga untuk diperdebatkan kebenarannya karena pada hakikatnya maut adalah urusan Allah. Kita sebagai hamba-Nya hanya perlu mengambil pelajaran bahwa kita harus siap kapanpun kita mati dengan mempersipakan bekal untuk diakhirat.
Ayat-ayat al’Quran yang membahas tentang kematian tidaklah sedikit, berikut beberapa ayat yang menjelaskan tentang kematian :
 “Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh(Q.S An-Nisa:78)
Kami telah menentukan kematian di antara kamu dan Kami sekali-sekali tidak akan dapat dikalahkan“ (Q.S)Al-Waqiah:60).

 

Source Kepercayaan Meninggal Hari Selasa Dan Sabtu Membawa Teman metamorfosa
Comments
Loading...