Kentrung Kesenian Tradisional khas Kabupaten Tegal

0 121

Kentrung Kesenian Tradisional khas Kabupaten Tegal

Kentrung adalah salah satu kesenian tradisional khas Kabupaten Tegal. Kentrung dimainkan oleh satu orang sambil memukul kendang/terbang Jawa. Konon, ada juga yang ditambah dengan iringan siter. Kentrung merupakan salah satu bentuk tradisi lisan, yakni memberikan petuah dan nasehat melalui syair-syair yang dilantunkan sambil diiringi tabuhan terbang Jawa (baca: kentrung). Dahulu, kentrung biasa dimainkan oleh orang-orang tua di Kabupaten Tegal untuk menasehati anaknya tentang budi pekerti hidup, sopan santun kepada orang tua, tetangga, dan orang lain.

Penggunaan Kentrung ditujukan agar anak tidak bosan mendengarkan nasehat dan tidak merasa digurui atau diperintah, juga dimaksudkan agar hati anak selalu bahagia ketika mendengarkan nasehat. Perasaan bahagia ini yang menyebabkan anak cepat memahami isi syair. Dalam perkembangannya, syair Kentrung juga berisi pesan kebaikan tentang hidup sosial, pendidikan, hubungan cinta muda-mudi, juga cerita lucu.

Seiring dengan perkembangan zaman, kini keberadaan Kentrung sangat memprihatinkan, bahkan, hampir punah. Dahulu, hampir di setiap pedesaan di Kabupaten Tegal ada Kentrung, kini pentas dan senimannya tak lagi dijumpai. Tak ada lagi orang yang mau mempelajarinya. Generasi muda tak lagi suka, karena Kentrung dianggap kuno. Generasi muda sekarang lebih menyukai musik pop dan musik Barat.

Dengan hilangnya seni Kentrung, maka hilang pula pesan-pesan dan nilai-nilai kebaikan tradisional dalam syair Kentrung. Padahal, nilai-nilai itu masih sangat dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat modern sekarang. Oleh karena itu, kesenian Kentrung harus dilestarikan (Jawa: diuri-uri), dijaga, bahkan harus dibuat pelatihan Kentrung untuk menciptakan generasi penerus.

Berdasarkan pemikiran ini, Disparbud Kabupaten Tegal melalui bidang kebudayaan mengundang seniman Kentrung yang hingga kini masih setia memainkan Kentrung, meski usianya sudah tidak muda lagi, dialah Ibu Srilarsih.

Source https://infotegal.com https://infotegal.com/2014/05/pentas-seni-kentrung/
Comments
Loading...