Kenes Ora Ethes, Filosofi Hidup Orang Jawa

0 48

Kenes Ora Ethes, artinya: Sombong (harta) tapi Botol (Bodoh dan Tolol). Antara kesombongan dan kebanggaan kadang menjadi sangat tipis perbedaannya, disaat seseorang menilai perkataan maupun perbuatan orang lain sebagai kesombongan jika hal yang dianggap berlebih dan melecehkan.

Saat ini banyak masyarakat yang mendadak kaya, karena atas dasar kekayaan ini, kadang akhirnya diikuti dengan sikap sombong yang cenderung melecehkan orang lain. Namun sangat disayangkan adalah kesombongannya adalah hal yang melekat diluar diri, tidak diikuti dengan pengetahuan atau info yang memadai atau cenderung sangat jauh ketinggalan dan bisa dikatakan Botol.

Dalam kehidupan berumah tangga “Kenes ora kethes” adalah menyombongkan materi yang dimiliki tapi Botol dalam berumah tangga, seperti contoh: Istri menyombongkan perhiasan didepan temannya, namun soal merawat suami dan anak sangat Botol. Suami menyombongkan karier/kekayaannya namun soal melindungi istri dan anak sangat botol.

Dalam hubungan orang tua dan anak (Guru dan Murid). Orang tua/guru sering menyombongkan kehebatannya/skill, namun secara transformasi, menyalurkan, mengestafetkan keilmuan tidak dapat dilakukan karena kebodohan dalam menjaga hubungan orang tua dan anak atau guru dan murid. Dalam hubungan keluarga dengan keluarga lain (bermasyarakat), tidak peduli dan cenderung masa bodoh karena ashik pada materi yang dimiliki.

Source https://ilmukesaktian.blogspot.co.id https://ilmukesaktian.blogspot.co.id/2014/06/kenes-ora-ethes.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.