Kenduri Pancasila Salah Satu Prosesi di Grebek Pancasila Blitar

0 142

Kenduri Pancasila Salah Satu Prosesi di Grebek Pancasila Blitar

Pancasila tidak hanya berkedudukan sebagai dasar negara saja, tapi juga sebagai budaya bangsa yang harus dijalankan sehingga senantiasa lestari. Ya, sebenarnya Pancasila merupakan rangkuman nilai-nilai budaya bangsa sebelum akhirnya sah dijadikan dasar Negara. Nilai-nilai itu antara lain nilai adat istiadat, agama, dan kebudayaan.

Pancasila adalah kebudayaan bangsa yang sangat berharga. Karena itu, hari kelahirannya (setiap 1 Juni) kerap menjadi perayaan yang sarat makna. Salah satu perayaan peringatan hari Pancasila yang selalu menjadi ajang tahunan adalah acara Grebeg Pancasila di Blitar.

Grebeg Pancasila biasanya dimulai sejak tanggal 31 Mei dengan rangkaian acara seperti Bedhol Pusaka, Tirakatan, dan ditutup dengan Upacara Budaya. Kemudian pada tanggal 1 Juni pagi, acara dilanjutkan dengan Kirab Gunungan Lima dan Kenduri Pancasila.

Kenduri Pancasila

Kenduri Pancasila adalah sebuah prosesi ruwatan warga Kota Blitar memperingati hari lahir Pancasila setiap 1 Juni. Melalui kenduri ini pula, warga Kota Blitar mendoakan sang pencetus lahirnya Pancasila, yaitu Bung Karno.

Sebagai tanah kelahiran Sang Proklamator, Blitar menjadi kota yang sangat sering menggelar berbagai acara untuk mengenang jasa Bung Karno, terutama setiap bulan Juni. Bagi masyarakat Blitar Bulan Juni dikenal sebagai Bulan Bung Karno, karena pada bulan tersebutlah presiden pertama Indonesia ini lahir dan wafat. Juni juga ditetapkan sebagai hari kelahiran pancasila yang dirumuskan oleh Bung Karno.

Source http://mahligai-indonesia.com/ http://mahligai-indonesia.com/ragam-budaya/tradisi-nusantara/grebek-pancasila-perayaan-tahunan-sarat-nilai-persatuan-di-blitar-7167
Comments
Loading...