Kemong, Alat Musik Tradisional Betawi

0 296

Betawi adalah sebuah sebutan atau panggilan terhadap suatu etnis dimanapun yang umumnya bisa terlihat dari nada bicara seseorang. Umumnya etnis ini bisa ditemukan di Ibu Kota Jakarta. Budaya yang terdapat di Jakarta merupakan budaya campuran dari budaya dari etnis yang bervariasi (Dikenal dengan istilah Mestizo). Sejak kedatangan Belanda, Jakarta yang dulunya bernama Sunda kelapa merupakan ibu kota Indonesia yang seakan mempunyai magnet untuk menarik pendatang yang berasal dari berbagai macam tempat. Salah satu alat musik tradisional Betawi yaitu Kemong.

Kemong merupakan alat musik tradisional Betawi yang berwujud seperti gong kecil dan seringnya digunakan pada gamelan Jawa atau-pun Sunda. Kemong itu sendiri juga merupakan bagian dari kesenian Gambang Keromong di DKI Jakarta

Perlu diketahui bahwa alat bernama kemong di dalam larasannya adalah di luar larasan tangga suara Saih. Alat musik ini juga disebut dalam sebuah buku yang menceritakan sebuah legenda. Kemong adalah alat musik tradisional Jakarta yang mengadopsi dari gamelan Jawa atau Sunda yang berbentuk seperti gong kecil, kemong ini merupakan salah satu bagian dari Alat Musik Tradisional Gambang Kromong.

Source https://alatmusikindonesia.com/alat-musik-tradisional-betawi/ alatmusikindonesia.com
Comments
Loading...