Kelom Awi, Permainan Tradisional

0 3

Kelom Awi, Permainan Tradisional

Permainan kelom awi (bambu) tidak jauh bedanya dengan permainan atau mainan egrang atau jajangkungan maupun kelom batok. Cara memainkannya  adalah mengatur keseimbangan serta ketahanan tubuh.

Kelom atau pijakan dibuat dari bagian pangkal bambu. Umumnya bamboo yang digunakan adalah bambu dengan diameter besar, semisal awi (bamboo) gombong. Ujung batang bambu di dipotong sesuai keinginan, biasanya antara 5 hingga 10 senti meter. Bagian tengah diberi lubang untuk memasang tali sebagai  pegangan. Cara memainkannya tidak jauh berbeda dengan permainan egrang ataupun jajangkungan, yang membedakan adalah, pada permainan kelom awi tumbuan selain pada bagian kaku (pijakan) juga pada tangan (tali pegangan). Karena tali selain berpungsi sebagai pegangan juga sebagai kendali mengatur naik turunnya  kaki. Seperti halnya permainan egrang atau jajangkungan, kelom awi dimainkan  sebagai adu ketahanan, fisik juga strategi.

Disejumlah daerah yang mulai sulit mendapatkan bahan-bahan untuk membuat mainan kelom awi, bahan kelom yang berupa bambu diganti dengan kaleng bekas cat. Sedangkan tali pegangan yang disejumlah daerah terbuat dari serat pohon pisang atau tali ijuk, juga diganti dengan tali plastic atau tali rapia.

Source https://budaya-indonesia.org/Kampung-Adat-Mahmud-1/ https://budaya-indonesia.org/Kampung-Adat-Mahmud-1/
Comments
Loading...