Kelengkapan Ksatria Jawa Paripurna : Wisma

0 79

Kelengkapan Ksatria Jawa Paripurna : Wisma

Seorang ksatria harus punya rumah dalam arti yang sesungguhnya. Tidak harus rumah “gedong magrong-magrong” (rumah besar) yang penting rumah sehat: Ada air bersih, jamban, SPAL, jendela, ventilasi, lanta plester, dapur dan lain-lain kriteria rumah sehat. Rumah sehat akan menjauhkan penghuninya dari gangguan penyakit. Ksatria harus sehat sehingga mampu melaksanakan “dharma” ksatrianya dengan lebih baik.

Disamping itu rumah juga berarti pangkalan atau kantor, tempat kita merencanakan sumberdaya dan langkah-langkah yang akan dilakukan. Dari pangkalan kita bergerak melaksanakan kegiatan dan harus pulang untuk melakukan evaluasi kinerja. Selanjutnya melakukan perencanaan lagi. Kalau perlu melakukan “re-programming” untuk berangkat lagi meneruskan “netepi laku” ksatrianya.

Ringkasnya harus ada rumah untuk pulang. Rumah untuk pergi, pulang dan pergi lagi. Bukan pergi, pergi dan pergi terus karena rumahnya tidak jelas. Itulah rumah, tempat kita meningkatkan kesehatan, merencanakan tugas, berangkat tugas, dan pulang untuk evaluasi. Jangan lupa pula di rumah ada seseorang yang menunggu kedatangan kita.

Source http://iwanmuljono.blogspot.com/ http://iwanmuljono.blogspot.com/2011/11/wisma-wanodya-turangga-kukila-curiga-2.html
Comments
Loading...