Kekayaan Seni Budaya Banyuwangi: Mocoan Pacul Goang

0 96

Kekayaan Seni Budaya Banyuwangi: Mocoan Pacul Goang

Meski mungkin belum sama terkenalnya dengan Bali-nya Indonesia, kekayaan seni budaya Banyuwangi yang terletak di ujung paling timur Pulau Jawa sudah sangat banyak menjadi pembicaraan baik oleh pengunjung lokal dan mancanegara. Dari macam-macam seni budaya Banyuwangi, umumnya yang populer adalah beragam tarian tradisionalnya. Namun hal ini tidak lantas berarti kekayaan seni budaya Banyuwangi lainnya tidak mendapat perhatian.

Bukti kekayaan seni budaya Banyuwangi lainnya adalah pertunjukan Mocoan Pacul Goang. “Mocoan” dalam Bahasa Jawa berarti “membaca.” Sedangkan “pacul” bermakna “ejekan.” Dalam pertunjukan ini, kendang, biola, gong dan kluncing digunakan sebagai alat musiknya. Tujuh sampai delapan orang yang ada dalam satu grup akan bernyanyi dan membacakan tulisan yang berasal dari lontar Yusuf dalam berbagai versi mocopat menggunakan gaya Blambangan.

Pertunjukan ini ditujukan sebagai kekayaan seni budaya Banyuwangi yang dapat digunakan untuk lucu-lucuan. Salah seorang penonton akan mengucapkan, “Paculan, wis.” (ejek-ejekan sana – red.) untuk menandai dimulainya pertunjukan ini dan para penampil akan mulai saling ejek. Pertunjukan ini juga dikenal seibagi kesenian Aljin karena awalnya dipimpin oleh seoranng bernama Aljin.

Source http://sman1glagah.com/ http://sman1glagah.com/2343/kekayaan-seni-budaya-banyuwangi-ikut-meramaikan-pentas-dunia/
Comments
Loading...