Kehidupan Sastra Di Jawa Tengah

0 276

Kehidupan Sastra Di Jawa Tengah

Daerah yang sebenarnya tidak pernah sepi dari kegiatan bersastra ini terjadi di Jawa. Ini sudah ada sejak zaman dahulu .Pada masa lalu ada nama-nama seperti Yasadipura I, Yasadipura II, dan Ranggawarsita dikenal sebagai pujangga handal yang banyak menghasilkan karya sastra. Banyak para sastrawan yang ada di Indonesia ini.

Bila di Semarang, sebagai ibukota Jawa Tengah, bercokol pengarang-pengarang, antara lain: Triyanto Triwikromo, Gunoto Sapari, Eko Tunas, S. Prasetyo Utomo, Eko Sugiarto, Ghufron Hasyim, Sucipto Hadi Purnomo, Timur Suprabana, dan lain-lain. Sanggar yang ada misalnya:

-Sanggar Paramesthi

-Gebyog.

 

Di kota Semarang  juga tinggal penulis wanita yang produktif, terutama menghasilkan karya-karya Islami, misalnya yaitu Izzatul Jannah. Selain itu, di sekitar kota Surakarta juga terdapat beberapa sastrawan, contohnya Daniel Tito yang tinggal di Sragen, dan Khoirul S. Budianta di Boyolali.

Sedangkan di Magelang merupakan daerah yang juga didiami oleh banyak sastrawan. Di antara mereka adalah Herlino Soleman, Dorothea Rosa Herliani, Jazimah Al Muhyi, dan Triman Laksono. Kehidupan sastra di pesisir utara Jawa Tengah sebelah barat didominasi kota Tegal. Ada pula Sanggar Tabloit Tegal-tegal yang sering memuplikasikan karya-karya sastrawan lokal di sana.Sastrawan Tegal diantaranya ialah :

– Ki Bagdja,

-Moch. Hadi Utomo,

-Turah Untung,

-Lanang Setiawan,

-Dwi Erry Santosa,

-S.L. Gaharu,

-Aryo Sunaryo Karman,

-Apito Lahire,

-Anis Yahya, Suprapto Haries,

-Denok Harto, Nur Ngudiono,

-Wuryanto, Batuh Imam Kapsan, Oyan S. Aryo, Endhy Kepanjen, dan sebagainya.

Sedangkan di  Kota Blora terkenal sebagai tempat kelahiran sastrawan besar, Pramudya Ananta Toer. Selain itu, lahir pula beberapa sastrawan lain, di antaranya Poer Adhi Prawoto, Jayus Pete, JPX. Hoery, dan Ngalimu Ana Salim. Di kota ini pernah ada sanggar sastra Jawa bernama Grup Diskusi Sastra Blora.

Hal ini  membuktikan kehidupan sastra di Jawa Tengah masih terus berjalan. Bukan tidak mungkin akan muncul sastrawan di kota-kota lain yang akan memperkaya kehidupan sastra  yang ada di  Jawa Tengah ini.

Source Kehidupan Sastra Di Jawa Tengah balai bahasa Jawa Tengah
Comments
Loading...