Kegunaan Dan Fungsi Tari Gambyong

0 112

Kegunaan Dan Fungsi Tari Gambyong

Masyarakat Jawa sangat dikenal dengan kebudayaannya yang sangat khas dan beragam. Salah satunya adalah lewat tari tradisional yang mulai di lestarikan sejak jaman dulu. Biasanya tarian ini digunakan dalam acara adat setempat.  Banyak dari para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Jawa yang menyukai jenis tarian ini.

Karena dianggap tari Gambyong memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri dari jenis tarian yang lainnya. Tari Gambyong merupakan salah satu jenis tarian Jawa klasik yang berasal dari daerah Surakarta. Tari ini adalah hasil bentuk baru dari tari Tayub yang dahulu dipertunjukkan untuk menyambung tamu.

Awalnya, tarian ini hanya dibawakan oleh penari tunggal, namun sekarang dengan perkembangan yang ada dilakukan oleh lebih dari satu penari atau sekitar 3-5 orang. Tarian ini merupakan salah satu kebanggaan para masyarakat Jawa yang sampai sekarang masih dilestarikan.

Bahkan banyak para penerus bangsa yang mempelajari tarian khas Jawa ini. Dibuktikan dengan masih adanya sanggar-sanggar tari yang membuka les tarian untuk kemudian melatih para penari-penari pemula yang berbakat dan ingin mempelajari tari Gambyong.

Kegunaan Dan Fungsi Tarian

Seiring dengan perkembangan jaman, tari Gambyong yang tadinya ditampilkan untuk upacara menanam padi, beralih menjadi suguhan dalam beberapa upacara ataupun acara adat. Setelah masuk ke dalam area Keraton, tari Gambyong dijadikan sebagai tarian hiburan yang disuguhkan dalam penyambutan tamu kehormatan oleh Kerajaan.

Selain itu, tarian ini juga dipergunakan dalam pertunjukan-pertunjukan khas Jawa lainnya seperti upacara pernikahan, khitanan, atau acara adat yang lainnya. Karena dikenal sebagai tarian yang khas dengan kelemahlembutannya, tarian ini juga merupakan wujud gambaran masyarakat Jawa yang mempunyai perilaku yang terkenal lemah dan lembut.

Source https://www.romadecade.org/ https://www.romadecade.org/tari-gambyong/#!
Comments
Loading...