budayajawa.id

Kecrek (Pan), Alat Musik Tradisional dari Betawi

0 46

DKI Jakarta merupakan Ibu Kota Negara Indonesia dan termasuk kota terbesar di Indonesia. Jakarta juga merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang berstatus setara dengan Provinsi. Jakarta terletak di Pulau Jawa, tepatnya di pesisir bagian barat Pulau Jawa. Budaya yang terdapat di Jakarta merupakan budaya campuran dari budaya dari etnis yang beragam (Dikenal dengan istilah Mestizo). Sejak kedatangan Belanda, Jakarta yang dulunya bernama Sunda kelapa merupakan ibu kota Indonesia yang memiliki magnet untuk menarik pendatang dari berbagai tempat.

Jakarta yang dulunya terkenal dengan Kerajaan Sunda-nya pun juga memiliki berbagai peninggalan alat musik tradisional yang menarik dan sayang untuk anda lewatkan. Salah satu alat musik tradisional dari jakarta adalah Kecrek.

Kecrek adalah alat musik perkusi yang digunakan dalam seni perdalangan. Kecrek berfungsi sebagai alat pemberi isyarat segala macam bentuk aba-aba iringan maupun gerakan atau sikap wayang. Kecrek dapat juga berfungsi sebagai penghias irama lagu. Jika dimainkan alat ini akan mengeluarkan suara crek crek crek. Kecrek alat musik dalam teater Topeng Betawi terbuat dari lempengan besi yang disusun di atas balok kayu dan dipukul dengan dua tongkat kayu kecil.

Source https://semuatentangprovinsi.blogspot.co.id/2016/05/alat-musik-tradisional-provinsi-jakarta.html semuatentangprovinsi.blogspot.co.id
Comments
Loading...