Kebudayan To’oto Asal Madura

0 229

Budaya To’oto Madura

Budaya To’ oto merupakan suatu proses Adaptasi Antar Budaya Suku Madura + Enculturasi. Merupakan proses pembentukan cara mengekspresikan dan memahami perilaku sosial dasar dari budaya asal dan di internalisasi melalui pembiasaan dalam lingkungan keluarga dan lingkungan asal.

Dengan kata lain, enkulturasi adalah budaya dasar atau budaya asli dari sebuah kelompok atau etnik. Masyarakat Madura memiliki budaya dasar yang lumayan beragam, Salah satunya  adalah Budaya “to1 oto’”

Budaya ini hanya ada di Madura,  budaya “to’ oto’” sama halnya seperti arisan. Akan tetapi di Madura arisan ini diadakan oleh seseorang yang sedang  ada hajat, dan orang yang menyumbangkan arisannya itu akan menganggap orang  yang mengadakan arisan tersebut sedang berhutang pada orang-orang yang mengikuti arisan tersebut.

Maka si  pelaksana arisan harus mengembalikan hutang itu pada tamu-tamu undangannya. Jika orang yang memberikan uang arisan itu tidak atau belum dibayar oleh si pelaksana arisan, maka orang yang memberikan uang tadi itu akan menagih pada si pelaksana arisan sesuai dengan jumlah yang ia berikan.

Source http://jawatimuran.net http://jawatimuran.net/2013/01/10/budaya-tooto-madura/
Comments
Loading...