Kebudayaan “Rokat Tase” (Petik Laut) Madura

0 12

Kebudayaan “Rokat Tase” (Petik Laut) Madura

Madura adalah salah satu suku di kawasan pulau Jawa yang mayoritas penduduknya adalah muslim, dan salah satu suku di Indonesia yang sangat kental sekali menjaga tradisi atau adat nenek moyangnya. Kebanyakan tradisi di Madura adalah tradisi Islami. Salah satu tradisi di Madura yaitu Rokat Tase.

Tradisi “Rokat Tase” dilakukan untuk mensyukuri karunia serta nikamt yang diberikan oleh sang maha pencipta yaitu Allah Swt. Agar diberikan keselamatan dan kelancaran rezeki dalam bekerja. Ritual atau tradisi tersebut, biasanya dimulai dengan acara pembacaan istighotsah dan tahlil bersama oleh masyarakat yang dipimpin oleh pemuka agama setempat.

Setelah itu, masyarakat melepaskan sesaji ke laut sebagai rasa ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Adapun isi dari sesaji itu adalah ketan-ketan yang berwarna-warni, tumpeng, ikan-ikan, dan lain sebagainya. Ritual atau tradisi tersebut disebut “Rokat Tase” oleh penduduk setempat.

Kebudayaan Rokat

Kebudayaan Rokat yang ada di Madura dilakukan dengan maksud jika dalam suatu keluarga hanya ada satu orang laki-laki dari lima bersaudara (pandapa lema’), maka harus diadakan acara Rokat. Acara Rokat ini biasanya dilaksanakan dengan mengundang topeng (nangge’ topeng) yang diiringi dengan alunan musik gamelan Madura dan sembari dibacakan macopat (mamaca).

Source http://simpulanilmu.blogspot.com/ http://simpulanilmu.blogspot.com/2017/10/tradisi-dan-upacara-islami-madura.html
Comments
Loading...