Kebudayaan Mitembian Menunggu Panen Padi Purwakarta

0 40

Kebudayaan Mitembian Menunggu Panen Padi

Ritual memohon panen padi subur, Mitembian. Mitembian merupakan ritual memohon kepada leluhur agar padi yang ditanam dapat dipanen dengan baik dan banyak.Ritual ini biasanya dilakukan dengan sesajen yang terdiri dari kelapa,kue khas sunda seperti apem, telur rebus, rujak-rujakan, bunga 7 rupa, menyan, sirih. sisir, tali kafan, kopi, cermin. congcot tumpeng, minyak wangi, bakakak ayam dan juga dupa.

Sesajen itu diletakkan di atas daun yang sudah dibentuk seperti wadah. Ditaruh di ancak yang dibuat dari anyaman bambu. Lalu, untuk kelapa ditaruh terpisah tetapi tetap menggunakan bambu sebagai alasnya. Setelah sesajen diletakkan di dekat sawah, lalu memanggil sesepuh untuk berdoa kepada penguasa yang ada di daerah situ supaya hasil panennya bagus. Setelah ritual ini selesai dilakukan barulah bisa dilakukan pemanenan yang biasanya dilaksanakan keesokan harinya.

Ritual ini sudah ada sejak zaman dahulu yang berarti sudah menjadi turun-temurun dilakukan antar generasi. Tetapi, dengan makin berkembangnya ilmu pengetahuan dan pemahaman masyarakat yang semaki modern ritual ini sudah semakin dilupakan karena bertentangan dengan logika dan juga ajaran agama.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Kebudayaan-Mitembian-Menunggu-Panen-Padi/
Comments
Loading...