Kebiasaan Unik Orang Madura: Sangat Patuh Terhadap Kyai-nya

0 85

Kebiasaan Unik Orang Madura: Sangat Patuh Terhadap Kyai-nya

Madura, daerah yang katanya segera berdiri sebagai provinsi sendiri ini memang banyak sekali keunikannya. Entah dari tempat-tempat wisatanya yang bagus dan worth it untuk dikunjungi, sampai deretan kebudayaan mereka yang khas. Tapi, yang paling menarik dari Madura sudah tentu kebiasaan-kebiasaan masyarakatnya yang unik, dan beberapa dari itu jadi satu-satunya di negeri ini.

 Orang Madura Sangat Patuh Terhadap Kyai-nya

Hal yang patut kita apresiasi tentang orang Madura adalah tingkat relijius mereka yang tinggi. Madura mayoritas beragama Islam dengan bukti banyaknya masjid serta pusat-pusat pembelajaran agama atau pondok di sini. Di Sumenep sendiri, ada sekitar 230 an pondok yang tersebar dari kota sampai pelosok. Makanya, orang Madura selalu dicirikan dengan label pesantren mereka.

Hampir semua orang Madura belajar di pesantren. Sehingga tak heran jika mereka begitu menghormati para kyai dan ustadnya. Bahkan ada sebuah jargon unik tentang ini, orang-orang Madura sejahat apa pun pasti akan sangat patuh dengan kyai-nya. Hal ini bisa dibilang adalah sesuatu yang bagus karena hormat kepada guru mencerminkan adab yang baik. Terlebih lagi, berkat para guru pula seseorang bisa mengenal ilmu dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Source https://www.boombastis.com/ https://www.boombastis.com/kebiasaan-unik-orang-madura/50205
Comments
Loading...