Kebiasaan Unik Orang Madura: Membalas Amplop Nikahan Dengan Jumlah yang Sama

0 80

Kebiasaan Unik Orang Madura: Membalas Amplop Nikahan Dengan Jumlah yang Sama

Madura, daerah yang katanya segera berdiri sebagai provinsi sendiri ini memang banyak sekali keunikannya. Entah dari tempat-tempat wisatanya yang bagus dan worth it untuk dikunjungi, sampai deretan kebudayaan mereka yang khas. Tapi, yang paling menarik dari Madura sudah tentu kebiasaan-kebiasaan masyarakatnya yang unik, dan beberapa dari itu jadi satu-satunya di negeri ini.

Kebiasaan Membalas Amplop Nikahan Dengan Jumlah yang Sama

Ketika ada teman atau saudara yang menikah, maka sudah jadi hal yang lazim bagi kita untuk memberikan semacam amplop berisi uang. Di Madura hal ini juga ada, hanya saja mereka punya aturan unik sendiri yang bisa dibilang cukup aneh.

Seusai resepsi, keluarga mempelai akan sibuk mencatat nama dan jumlah uang yang ada di semua amplop. Tujuannya, agar nantinya ketika si pemberi amplop ada hajatan maka si penerima akan membalasnya dengan jumlah uang yang sama. Ini sudah jadi kebiasaan di sana, dan ketika tidak membalas dengan jumlah yang serupa, maka biasanya akan jadi masalah. Makanya, tak perlu terkejut ketika orang-orang Madura kondangan dengan memberikan uang sejuta dua juta. Pasalnya, si penerima nanti berkewajiban mengembalikan ini. Ya, sama seperti arisan begitu.

 

Source https://www.boombastis.com/ https://www.boombastis.com/kebiasaan-unik-orang-madura/50205
Comments
Loading...