Kebiasaan Muluk, Jawa Timur

0 155

Kebiasaan Muluk, Jawa Timur

Ciri makan orang jawa yang paling terkenal adalah dengan muluk. Muluk merupakan cara makan dengan menggunakan tangan. Orang jawa lebih menyukai kesederhanaan sehingga kebiasaan ini dilakukan dengan menggunakan tangan saja. Selain menjadi kebiasaan orang jawa, makan menggunakan jari merupakan sunnah rasul. Rasulullah makan menggunakan 3 jari yaitu ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah.

Makan menggunakan tangan atau jari dianggap lebih nikmat dan memiliki sensasi tersendiri bagi orang jawa. Biasanya menu makanan yang dinikmati dengan muluk dilengkapi dengan sambal dan nasi yang ditempatkan di wakul.

Kebiasaan muluk masih sering dijumpai di daerah jawa, khususnya di restoran yang berkonsep lesehan. Di warung pinggir jalan tak jarang terlihat orang jawa yang makan dengan muluk. Bahkan di rumah pun orang jawa melakukan kebiasaan muluk. Maka dari itu muluk merupakan suatu kebiasaan yang sangat khas di daerah jawa karena masih banyak orang jawa yang melakukan kebiasaan tersebut.

Muluk merupakan kebiasaan yang bagus, menurut penelitian, makan menggunakan tangan jauh lebih sehat jika dibandingkan dengan makan menggunakan sendok, karena dalam tangan terdapat suatu enzim yaitu enzim Rnase yang dapat menekan aktivitas bakteri pathogen. Namun jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum makan.    

Source https://budaya-indonesia.org/Kebiasaan-Muluk/ https://budaya-indonesia.org/Kebiasaan-Muluk/
Comments
Loading...