Kaulinan Barudak – Ucing Sumput

0 15

Kaulinan Barudak – Ucing Sumput

Generasi Z. Itulah sebutan untuk generasi masa kini yang hampir tidak pernah tidak tersentuh teknologi. Generasi yang mana terlahir bersamaan dengan perkembangan teknologi.

Generasi dimana orang orang sibuk berkutat dengan gadgetnya, bahkan anak anak kecil pun. Bermain game, melihat video, lembaga, hingga belajar pun dilakukan pada gadgetnya.

Anak anak kecil pun secara otomatis jarang menghabiskan waktu bermain di luar rumah. Dan banyak sekali yang tidak tahu betapa serunya bermain permainan tradisional, salah satunya “ucing sumput”.

Ucing sumput ini adalah permainan tradisional sunda yang permainannya bersembunyi dan mencari. Permainan ini biasanya terdiri dari 2 orang atau lebih.

Anak anak biasanya melakukan gambreng atau hompimpah untuk menentukan siapa yang jadi kucingnya. Lalu setelah terpilih, si kucing pun menghitung sesuai dengan kesepakatan. Sementara itu yang lainnya bersembunyi. Setelah selesai menghitung kucingnya pun mencari temannya yang lain. Teman yang pertama ditemukan biasanya otomatis menjadi kucing selanjutnya.

Itulah salah satu permainan tradisional yang saat ini jarang diketahui anak anak. Ayo kita lestarikan kaulinan barudak!

Source https://budaya-indonesia.org/Kaulinan-barudak-Ucing-sumput/ https://budaya-indonesia.org/Kaulinan-barudak-Ucing-sumput/
Comments
Loading...