Karnaval Unik di Harjosari Lereng Gunung Lawu

0 124

Wajah masyarakat Desa Harjosari, Karangpandan, Karanganyar sumringah, trengginas, dengan penuh semangat dan canda-tawa tanpa memandang usia, suku, ras, dan agama. Ratusan warga dari berbagai dusun di desa yang terletak di lereng Gunung lawu itu menyatu dalam bingkai karnaval unik, indah, asyik, dan lucu saat memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

Ya, gelaran acara bernafaskan nasionalisme ini didukung penuh oleh seluruh elemen masyarakat Harjosari. Hal ini terlihat dari para pendukung iring-iringan karnaval yang melibatkan anak – anak hingga para orang tua pada Sabtu  siang hingga sore tiba.

Adapun arak arakan dimulai dari lapangan Desa Harjosari menuju timur desa dan melintasi seluruh jalan utama desa. Warga masyarakat menumpahkan semua potensi yang dimiliki, di antaranya kesenian, pertanian, kerajinan, kuliner, dan kreativitas unik lainnya.

Menurut Kepala Desa Harjosari Sutarso, karnaval ini baru pertama kali dilaksanakan dan mendapat tanggapan yang positif dari warga. “Karnaval kemerdekan baru sekali ini kami selenggarakan, ini merupakan bentuk rasa suka cita dan rasa memiliki terhadap bangsa dan negara RI,“ kata Sutarso

Lebih jauh Sutarso mengungkapkan, karnaval ini juga sebagai wadah untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri masyarakat Harjosari.“Dalam iring iringan ini kami menampilkan berbagai hasil pertanian yang kami rangkai menjadi gunungan. Selain itu warga juga akan menampilkan potensi seni yang mereka kuasai baik seni tradisi ataupun modern,” jelas berjiwa muda ini.

Seperti diketahui pula, warga masyarakat Harjosari mengandalkan roda ekonominya pada pertanian perkebunan terutama sayur manyur. “Sebagian besar warga Harjosari mengandalkan perekonomian dengan bertani sayur manyur,” jelas Sutarso.

Gelaran ini terlihat marak dan meriah, nampak iring iringan kesenian reog, barisan kura kura yang dinaiki bak cowboy. Sedangkan untuk anak anak mereka membuat konvoi dengan bersepeda hias, panggung metal wayang, dan lain sebagainya.

Source https://www.fokusjateng.com https://www.fokusjateng.com/2017/08/19/foto-foto-lengkap-karnaval-unik-di-harjosari-lereng-gunung-lawu/
Comments
Loading...