Karakteristik Tari Gambyong

0 18

Karakteristik Tari Gambyong

Masyarakat Jawa sangat dikenal dengan kebudayaannya yang sangat khas dan beragam. Salah satunya adalah lewat tari tradisional yang mulai di lestarikan sejak jaman dulu. Biasanya tarian ini digunakan dalam acara adat setempat.  Banyak dari para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Jawa yang menyukai jenis tarian ini.

Karena dianggap tari Gambyong memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri dari jenis tarian yang lainnya. Tari Gambyong merupakan salah satu jenis tarian Jawa klasik yang berasal dari daerah Surakarta. Tari ini adalah hasil bentuk baru dari tari Tayub yang dahulu dipertunjukkan untuk menyambung tamu.

Awalnya, tarian ini hanya dibawakan oleh penari tunggal, namun sekarang dengan perkembangan yang ada dilakukan oleh lebih dari satu penari atau sekitar 3-5 orang. Tarian ini merupakan salah satu kebanggaan para masyarakat Jawa yang sampai sekarang masih dilestarikan.

Bahkan banyak para penerus bangsa yang mempelajari tarian khas Jawa ini. Dibuktikan dengan masih adanya sanggar-sanggar tari yang membuka les tarian untuk kemudian melatih para penari-penari pemula yang berbakat dan ingin mempelajari tari Gambyong.

Karakteristik Tari Gambyong

Tentunya kurang pas jika ingin mengetahui tentang tarian Gambyong hanya dengan membahas sejarah tarian Gambyong tanpa mengetahui lebih dalam mengenai tarian ini. Dalam pembahasan berikutnya akan dijelaskan secara rinci beberapa informasi mengenai tari Gambyong.

Berbicara tentang ciri khas dari tarian ini, tari Gambyong tentunya memiliki ciri-ciri yang tentunya membedakan dari tari tradisional lainnya. Mengenai gerakan tarian, alunan musik, hingga pakaian yang dikenakan oleh sang penari. Berikut dalam pembahasan kali ini akan dijelaskan beberapa unsur khas dari tarian dari Jawa ini.

Source https://www.romadecade.org/ https://www.romadecade.org/tari-gambyong/#!
Comments
Loading...