Kalau Mau Bicara: Harus Dipikir Dulu

0 184

Kalau Mau Bicara: Harus Dipikir Dulu

Ternyata urusan BICARA dan keturunannya yang terkait dengan olah mulut, misalnya MENCELA dan MEMUJI, mendominasi ranking teratas dalam pitutur Jawa. Benarlah kata peribahasa Indonesia yang mengatakan “Mulutmu harimau kamu” maupun “Berbicara peliharalah lidah, berjalan peliharalah kaki”. Dapat disimpulkan bahwa masalah manusia ada pada mulutnya.

Kalau Mau Bicara: Harus Dipikir Dulu

a. Yen kowe arep rembugan pikiren luwih dhisik tetembungan sing arep kok wetokake. Apa wis ngenggoni telung prekara: Bener, manis, migunani. Ewa semono sing bener iku isih perlu dithinthingi maneh yen gawe gendrane liyan prayoga wurungna. Dene tembung manis kudu ora duwe pamrih, yen ana pamrihe ya mung agawe senenge liyan kang tundhone migunani tumrape jagading bebrayan.
TERJEMAHAN: Bila kamu akan berbicara, pikirkan lebih dahulu kata-kata yang akan kau ucapkan apakah sudah memenuhi tiga hal: Benar, manis dan bermanfaat. Bagaimanapun juga kata-kata yang “benar” masih harus diteliti lagi, kalau hanya akan menimbulkan pertengkaran lebih baik dibatalkan. Adapun perkataan yang “manis” harus tanpa pamrih. Kalau ada pamrih hanyalah untuk membuat senang orang lain yang amat bermanfaat bagi pergaulan manusia.
b. Tembung kang prayoga kang kelahir mung marga kadereng dening dayaning hawa napsu pancen sakala iku bisa aweh rasa pamarem. Nanging sawise iku bakal aweh rasa getun lan panutuh marang dhiri pribadine dhewe kang satemah bisa ngrubeda marang katentremaning pikir lan ati. Guneman sethitik nanging memikir akeh iku kang tumrape manungsa bisa aweh katentreman lan krasa marem kang gedhe dhewe.
TERJEMAHAN: Ucapan baik yang keluar tergesa-gesa memang saat itu juga menimbulkan kepuasan bagi pendengarnya. Masalahnya setelah itu akan mengakibatkan penyesalan pada diri sendiri yang mengganggu ketenteraman hati dan pikiran. Sedangkan bicara sedikit setelah dipikir secara mendalam itulah yang akan memberikan kepuasan dan ketenteraman yang lebih dalam
Source http://iwanmuljono.blogspot.com/ http://iwanmuljono.blogspot.com/2012/10/pitutur-kumpulan-1-berbicara.html
Comments
Loading...