Kain Batik Sido Mukti Untuk Pernikahan Adat Jawa

0 156

Kain Batik Sido Mukti Untuk Pernikahan Adat Jawa

Sejak dahulu, para leluhur mengenakan batik sebagai pakaian sehari-hari hingga pakaian kebesaran seperti acara pernikahan adat Jawa. Kain batik juga dikenakan oleh para kesultanan dan anggota kerajaan di Keraton. Tidak heran jika batik menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam masyarakat Jawa.

Pada acara pernikahan adat Jawa tidak bisa dilepaskan oleh kain batik yang dikenakan sebagai pelengkap gaun atau kebaya pernikahan. Untuk sebuah pernikahan, kedua mempelai dianjurkan untuk menggunakan kain batik bermotif yang diawali dengan kata “sida atau sido” yang berarti “jadi”. Karena motif batik yang melekat pada kain-kain Jawa menyimpan cerita dan filosofi yang berbeda.

Sido mukti biasanya dikenakan oleh mempelai pria dan wanita saat menggelar pesta pernikahan adat jawa. Makna dibalik corak kain batik ini adalah tercapainya mukti atau kemakmuran dalam kehidupan di dunia maupun di akhirat. Selain itu batik sido mukti juga melambangkan doa dan harapan akan masa depan yang baik.

Source http://www.seputarpernikahan.com/ http://www.seputarpernikahan.com/calon-pengantin-wajib-tahu-serba-serbi-makna-dibalik-kain-batik-untuk-pernikahan-adat-jawa/
Comments
Loading...