KA Pesiar Gerbong Pembawa Jenazah Paku Buwono X

0 360

KA Pesiar Gerbong Pembawa Jenazah Paku Buwono X

Jika berpergian ke Kota Solo, jangan lupa mampir ke Alun-alun Selatan atau biasa disebut Alkid. Di sana terdapat gerbong kereta tua. Nama kereta itu KA Pesiar.

Kawasan Alun-alun Selatan atau yang sering dikenal dengan Alkid letaknya tak jauh dari Keraton Kasunan Solo. Tak heran, jika dilokasi tersebut terdapat salah satu peninggalan sejarah yang cukup mengejutkan, yakni keberadaan gerbong kereta jenazah yang pernah digunakan untuk mengangkut Paku Buwono (PB) X.

Tidak hanya itu saja, disana juga terdapat sebuah gerbong lain, yakni gerbong Kereta Api (KA) Pesiar yang dibuat dan dioperasionalkan pada tahun 1990an.

Saat ini kedua gerbong tersebut, seolah menjadi ikon saat berada di kawasan Alkid. Keduanya berada di kawasan Sitihinggil, yakni gerbong kereta jenazah berada di sayap sitihinggil sisi kanan, sedangkan KA Pesiar berada di sayap Sitihinggil sisi kiri.

KA Pesiar ini memiliki ciri khas, dimana KA ini hanya mampu ditarik dengan lokomotif uap. KA ini juga sudah dilengkapi dengan pendingin, seperti KA saat ini. Namun kala itu pendinginnya masih menggunakan balok es batu. Sehingga masih sangat tradisional keberadaannya. Pada waktu dipindahkan dahulu, untuk satu gerbong saja membutuhkan 30 orang untuk mengangkutnya. Keduannya juga memiliki ukuran yang berbeda, gerbong jenazah berukuran 15,5 meter x5,5 meter, sedangkan KA pesiar 17,5 meter x 5,5 meter.

Source KA Pesiar Gerbong Pembawa Jenazah Paku Buwono X merahputih
Comments
Loading...