Jenis-jenis Pakaian Adat Jawa Timur: Odheng Santapan

0 228

Jenis-jenis Pakaian Adat Jawa Timur: Odheng Santapan

Jawa Timur merupakan wilayah propinsi yang tidak dapat dilepaskan dari sejarah Bangsa Indonesia. Sebagai wilayah tempat lahirnya para pahlawan, Jawa Timur sangat kentara dengan kebudayaan yang dimilikinya. Salah satu kebudayaan masyarakat Jawa Timur yang paling menonjol adalah Pakaian Adat Jawa Timur.

Pakaian adat Jawa Timur merupakan simbol bagi keutuhan budaya Jawa Timur. Walaupun sekarang sedang rentan Indonesia mengalami degradasi budaya, namun pakaian adat ini tetap tidak akan bisa dilupakan dari ingatan masyarakat.

Masih banyak masyarakat yang melestarikan pakaian adat ini, sehingga keutuhan budaya masih tetap kokoh terjaga ketika menghadapi arus modernisasi. Pakaian khas Jawa Timur ini sering digunakan pada saat acara pernikahan adat Jawa Timur oleh pasangan pengantin.

Namun, terdapat beberapa wilayah di Jawa Timur yang sebagian masih tetap menggunakan pakaian ini diluar acara formal. Madura salah satunya, dimana wilayah di timur Kota Surabaya ini sangat kental dengan ketaatan terhadap adat-istiadat setempat.

Odheng Santapan

Odheng santapan merupakan sebuah perlengkapan pakaian berupa kupluk (peci) yang didesain dengan batik khas Jawa Timur. Perlengkapan ini digunakan pada laki-laki di bagian kepala. Desain odheng santepan biasanya dibuat dengan motif batik terkenal, salah satunya yakni motif telaga biru, atau yang orang lain sering menyebutnya storjoan.

Kupluk (peci) ini berbentuk segitiga dengan ukuran kupluk dapat diatur dan disesuaikan dengan masing-masing lingkar kepala. Ukuran lingkar kepala yang lebih lebar tentu membutuhkan kain batik yang semakin panjang. Demikian ukuran lingkar kepala yang lebih kecil, tentu tidak membutuhkan banyak kain batik yang diperlukan.

 

Source https://www.romadecade.org/ https://www.romadecade.org/pakaian-adat-jawa-timur/#!
Comments
Loading...