Jaran Kencak, Warisan Budaya Jember

0 287

Jaran Kencak, Warisan Budaya Jember

Salah satu warisan budaya dan seni masyarakat Jember adalah jaran kencak. Jaran kencak dalam bahasa Indonesia terdiri dari dua suku kata yaitu jaran yang berarti kuda, sedangkan kencak diartikan menari, jadi jaran kencak adalah kuda yang menari.

Bagi masyarakat desa Jember bagian selatan mempunyai kegemaran unik. Masyarakat di sana bilamana punya hajatan baik itu khitan maupun nikahan. Mereka selalu menggelar pertunjukan jaran kencak untuk menghibur para tamu yang diundang. Tak heran bila keberadaan jaran kencak masih eksis. Pasalnya pertunjukan itu mampu menyedot perhatian berbagai kalangan masyarakat.

Jaran kencak selain tarian kuda yang unik, pakaiannya pun juga nyentrik. Sehingga menambah kesan glamour dan menghibur. Dalam pertunjukannya biasanya ada seorang anak yang mengenakan pakaian rias sebagai kemanten atau penunggangnya.

Selain keunikan tarian kuda dan penunggangnya, jaran kencak juga didukung dengan musik tradisional yang khas. Alunan musik yang dimainkan mampu menyihir kuda – kuda sampai menari atau menggoyang-goyangkan badan dan mengangguk – anggukan kepala.

Instrumen musiknya terdiri dari alat musik tradisional khas jawa, diantaranya gendang, gong, trompet dan kenong. Pemusik biasanya sebelum memainkan alat musiknya melakukan ritual terlebih dahulu, yang mana diyakini untuk meminta izin serta memanggil roh para leluhur agar datang dan menjaga jalannya pertunjukan.

Source http://www.mediakontak.com/ http://www.mediakontak.com/2015/12/jaran-kencak-warisan-budaya-jember.html
Comments
Loading...