Jampe Beunghak Beuteung, Pemikiran Jawa

0 30

Jampe Beunghak Beuteung

Didalam kebudayaan Sunda, terdapat kepercayaan terhadap hal-hal gaib, salah satu contohnya ialah mantra. Mantra yang biasanya orang awam ketahui, adalah perkataan atau ucapan yang bisa mendatangkan daya gaib. Salah satu contohnya adalah untuk menyembuhkan, yang biasa suku sunda sebut dengan Jampé. Pada zaman dahulu, Jampé sering dipakai untuk mengobati rasa sakit, khususnya oleh masyarakat sunda karuhun. Melalui warisan nenek moyang, pemanfaatan alam pun tampak, yaitu digunakannya daun-daunan untuk mengobati perut kembung, tampak dalam jampé beunghak beuteung (jampé perut kembung).

Masyarakat Sunda Karuhun biasanya menggunakan mantra Jampé Beunghak saat perut terasa kembung. Jampé Beunghak Beuteung juga biasanya diperuntukkan untuk bayi atau anak kecil. Pengucapan jampé tersebut harus disertai dengan menggosokkan daun eurih ke perut yang mengalami sakit karena kembung. Berikut adalah mantra jampé beunghak beuteung :

Jampe Beunghak Beuteung

Cakakak di leuweung

Injuk talina

Dihakan dibeuweung

Hitut jadina

Plong blos plong blong

Meskipun mantra Jampé Beunghak Beuteung lebih sering digunakan oleh masyarakat sunda karuhun pada zaman dahulu, sebagai masyarakat yang tinggal dalam ruang lingkup tanah sunda, kita juga harus melestarikan budaya-budaya terdahulu yang diwarisi oleh nenek moyang kita agar tidak punah apalagi sampai diakui oleh budaya orang lain.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Jampe-Beunghak-Beuteung/
Comments
Loading...