Jamasan Pusaka Kerajaan Galuh Ciamis

0 182

Jamasan Pusaka Kerajaan Galuh

Jamasan Pusaka Kerajaan Galuh adalah ritual untuk membersihkan benda-benda pusaka seperti persenjataan tradisional Kerajaan Galuh dan mahkota raja Kerajaan Galuh. Ritual ini dilaksanakan setiap satu tahun sekali di bulan rabiul awal karena bertepatan dengan maulid nabi sehingga ritual ini selain bertujuan untuk membersihkan benda-benda pusaka juga mempunyai filosofi untuk membersihkan diri dan mendekatkan diri kepada Tuhan.

Prosesi jamasan sendiri diawali dengan membuka bungkus atau serangka tiap benda pusaka kemudian dimasukan ke dalam air yang sebelumnya sudah disediakan di dalam sebuah wadah khusus yang terbuat dari kayu. Air tersebut diperoleh dari tujuh mata air dari Jambansari, Karangkamulyan, Imbanagara, Cimaragas, Nagaratengah, Cineam, dan Tasikmalaya. Air tersebut juga ditaburi tujuh jenis bunga.

Setelah siap, kemudian pusaka tersebut dimasukan ke dalam air lalu digosok menggunakan jeruk nipis. Kemudian dikeringkan menggunakan lap kering lalu diberi minyak wangi dan dimasukan kembali ke serangka. Ritual budaya ini sampai sekarang masih dilakukan oleh masyarakat adat di ciamis

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Jamasan-Pusaka-Kerajaan-Galuh/
Comments
Loading...