Ithuk-ithukan Banyuwangi, Sebuah Tradisi Rawat Sumber Mata Air

0 25
Tradisi turun temurun yang dilaksanakan setiap tanggal 12 Dzulqa’dah dalam kalender Hijriah tersebut, warga berbodong bondong mendatangi pusat desa dengan membawa berbagai macam masakan khas suku using, seperti pecel phitik, uyah asem, tape kemiri dan beberapa masakan lainnya, untuk diarak keliling kampung dan berakhir disumber mata air yang berada disekitaran dusun setempat.
Ithuk dalam bahasa setempat merupakan tempat nasi yang berasal daun pisang, atau dalam bahasa jawa adalah pincuk, dan dalam tradisi seluruh masyarakat harus kebagian, yang merpakan simbol dari gotong-royong dan kebersamaan, sehingga setiap tahunnya jumlah ithuk yang disediakan akan terus bertambah.
Tradisi ini merupakan warisan nenek moyang, dimana dalam tradisi tersebut seluruh warga tidak boleh ada yang kelaparan, sehingga setiap tahunnya jumlah makanan yang disediakan di atas ithuk akan terus bertambah. Ithuk-ithukan kepethuk. Thuk lalu menjadi ithuk. Banyaknya ithuk yang disajikan ini menandakan jangan sampai ada masyarakat yang lapar. Semua harus kebagian, bahkan yang sedang sakit sekali pun akan diantarkan ithuk ini ke rumahnya.

Tradisi ini,  merupakan bentuk syukur warga atas sumber air di desanya yang melimpah dan tidak pernah kering. Warga bisa mengairi sawah dan melakukan aktifitas lainnya di sumber tersebut. Berkat sumber air itu pula, hidup kami disini jadi terasa nikmat, warga menjadi dekat satu sama lain dan mudah memaafkan.  Itu sebabnya dusun ini dinamakan Dusun Rejopuro. Rejo artinya ramai, Puro artinya memaafkan.

Tradisi ini merupakan salah satu kearifan lokal yang mengajarkan kita untuk senantiasa menjaga keseimbangan alam. Kenduri yang digelar di sumber air, menandakan begitu pentingnya setiap manusia untuk menjaga sumber air sebagai salah satu sumber kehidupan manusia.

 

Source https://www.banyuwangikab.go.id/ https://www.banyuwangikab.go.id/berita-daerah/ithuk-ithukan-banyuwangi-sebuah-tradisi-rawat-sumber-mata-air.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.