Isi Seserahan Pernikahan Jawa

0 428

Berikut Isi  Seserahan  :

1.Seperangkat Alat sholat

Seserahan harus untuk calon pengantin muslim biasanya berbentuk alat sholat. Hal semacam ini juga sebagai lambang bahwa pernikahan yang dapat dilangsungkan pada suami istri mesti selalu berdasar teguh pada nilai agama.

2.Cincin nikah

Cincin dapat ditukar dari yang memiliki bahan monel atau kuningan, sedang calon pengantin muslimah terus diijinkan memakai cincin yang terbuat dari emas. Cincin sepasang  satu untuk mempelai wanita dan yang satu di pasangkan pada mempelai pria.  Cincin tersebut yaitu juga sebagai lambang pengikat jalinan ke-2 pasangan.

3.Perhiasan

Berbeda dengan cincin yang didapatkan dari calon pasangan pria pada calon pasangan wanita, jika sang pria mempunyai kemampuan lebih umumnya mempelai pria dapat memberi perhiasan berbentuk liontin, gelang serta kalung emas.

4.Seperangkat busana wanita

Kebiasaan Jawa memberi baju seperti selendang atau kain batik yaitu hal utama lantaran di situ memiliki kandungan maksud bahwa tiap-tiap pihak, baik pengantin pria ataupun pengantin wanita mesti pandai menaruh rahasia rumah tangga mereka dari siapa saja.

5.Buah-buahan

Umumnya buah yang didapatkan dalam seserahan yaitu pisang, anggur, jeruk, apel. Harapannya dapat memberi kesegaran dalam membina kemesraan serta cinta sepasang calon pengantin.

6.Suruh ayu

Artinya pemberian suruh ayu yaitu untuk mendoakan keselamatan serta kebahagiaan ke-2 pengantin dalam mengarungi mahligai perkawinan. Hal ini sudah menjadi turun temurun di kalangan masyarakat Jawa.

7.Peralatan Rias atau make up

Tujuan pemberian alat ini yaitu untuk melindungi tampilan calon istri supaya senantiasa tampak cantik serta sempurna dalam kehidupan berumah tangga.

8.Sepatu, sandal, selop

Seperangkat alat  semacam ini mempunyai arti supaya ke-2 mempelai siap melakukan kehidupannya berbarengan serta menapaki mahligai rumah tangga dengan mantap serta ada senantiasa di jalan yang lurus. Dan selalu bersama dalam menghadapi berbagai hal yang ada di dalam kehidupan.

Source Isi Yang Ada Dalam Seserahan Pernikahan Budaya Jawa bahaspernikahan.com
Comments
Loading...