Isi Sajen Wilujeungan/Rasulan Dalam Prosesi Pernikahan Jawa

0 141

Isi Sajen Wilujeungan/Rasulan Dalam Prosesi Pernikahan Jawa

Dalam adat istiadat kultur Jawa, sajen adalah sesajian yang berupa makanan, hewan atau buah-buahan yang dipersembahkan kepada arwah leluhur serta kekuatan gaib yang ada dalam upacara yang diselenggarakan. Seiring dengan adanya pengaruh Agama Islam (dan agama lainnya) dalam kehidupan beragama masyarakat Jawa, maka sesajen pun beralih fungsi. Sesajen dianggap sebagai salah satu simbolisasi dan tradisi nenek moyang yang disediakan dengan tujuan dan makna mulia.

Dalam pernikahan jawa, sajen dipersembahan pada waktu-waktu ritual tertentu, misalnya untuk Midodareni, Siraman, dan seterusnya. Umumnya sesajen erat kaitannya dengan hasil bumi hasil bumi dan kekayaan alam,misalnya berupa tanaman, pepohonan, ataupun buah-buahan yang mengandung makna filosofis tertentu.

Berikut ini beberapa jenis sajen yang dipersembahkan saat ritual upacara pernikahan, berikut makna filosofinya.

Sajen Wilujeungan/Rasulan 

Upacara wilujengan atau rasulan digelar oleh sang pemangku hajad dengan maksud memanjatkan puji syukur kepada Yang Maha Kuasa agar pesta pernikahan berjalan lancar. Biasanya wilujengan akan digelar pada sore hari setelah siraman dengan acara berupa pengajian atau salawat.

Salah satu ciri khas dari Sajen Wilujengan ialah jumlahnya yang dibuat ganjil, bisa 5, 7 atau 9. Sajen terdiri dari beberapa benda seperti:

(a). Ketan, Kolak dan Apem (7 takir –yakni tempat bentuknya persegi yang dibuat dari daun pisang).

(b). Jenang/bubur 3 macam ( merah, putih, katul –masing-masing 7 takir).

(c). Sego golong ( nasi dibentuk bulat-bulat) sebanyak 14 buah, Jangan menir (sayur dari bayam dan jagung muda 7 takir), Pecel Ayam dibuat 7 sudi.

(d). Nasi Putih.

(e). Lauk Pauk 7 macam masing masing 7 sudi.

(f). Lauk Gorengan 7 macam masing masing 7 buah.

(g). Jajan Pasar.

Source http://mahligai-indonesia.com/ http://mahligai-indonesia.com/pernikahan-nusantara/isi-sesajen-pernikahan-jawa-4448
Comments
Loading...