Iringan Musik Pada Jathilan Campur

0 29

Iringan Musik Pada Jathilan Campur

Iringan musik yang dipergunakan pada jathilan campur adalah gamelan berlaras slendro dicampur dengan musik diatonis, dan instrumen musik rakyat yaitu bedhug, dengan iringan gending ladrang dan lancaran.
Pada awal pertunjukan dimulai dengan irama gending ladrang Sri Slamet laras slendro pathet nem. Gending Sri Slamet ini sebagai penyajian prapentas yang mempunyai maksud agar selama mengadakan pertunjukan Jathilan mendapat keselamatan dari Tuhan Yang Maha Kuasa dan tidak ada gangguan.
Iringan gendhing yang digunakan dikategorikan menjadi empat. Iringan pada tari Jathilan Campur Selamat Datang adalah Sekar Dhandhanggula, yang mengiringi keluarnya tokoh penthul tembem. Dilanjutkan gendhing lancaran Kuda Lumping. Pada babak ini akan ditampilkan lagu-lagu dolanan dan campursari, seperti Uthuk-uwuk, Caping Gunung, Yen Ing Tawang Ana Lintang. Iringan musik tari Jathilan campur asli menggunakan sekar Dhandhanggula dan saat penari keluar diiringi gendhing lancaran Kuda Lumping. Iringan yang digunakan pada tari Kudha Lumping adalah gending lancaran dengan irama matut irama. Iringan Blinderan adalah Ladrang Jangkrik Genggong untuk mengiringi keluarnya Manggala Yudha.
Source https://www.senibudayaku.com https://www.senibudayaku.com/2018/03/urutan-pertunjukan-tari-kuda-lumping.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.