Intrumen Kesenian Tarling dari Jawa Barat

0 303

Gitar dan suling merupakan instrument dasar dalam musik Tarling. Pada awal perkembangan musik ini. Tarling terdiri dari 2 buah gitar dan 1 buah suling bangsing. Selanjutnya, ensambel musik ini berkembang dengan beberapa penambahan instrumen musik lain sebagai pelengkap atau variasi dalam kesenian ini.

Saat ini penggunaan instrumen musik Tarling tidak terbatas pada gitar, suling, gendang, ‘kecrek’/tamborin , goong, dan tutukan. Berikut ini instrumen musik yang dapat digunakan untuk memainkan karya musik Tarling, diantaranya adalah : gitar (gitar melodi (lead) I, gitar melodi (lead) II, bas gitar), suling diatonis, gendang (gendang besar, ketipung), bongo, goong, kecrek, kebluk/tutukan, organ, keyboard, drum & drum digital, micro composser/musik computer, dan lain-lain. semua penambahan setiap instrumen berkembangan mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan lagu itu sendiri.

Gitar yang digunakan dalam ansambel musik tarling, adalah gitar standar internasional, seperti : gitar akustik (folk) dan gitar elektrik. Swarantara atau jarak antara nada satu ke nada berikutnya dalam satu oktaf disamakan dengan laras diatonis. Cara memainkan gitar pada dasarnya sama dengan cara memainkan gitar untuk jenis musik lainnya, kecuali dalam memainkan Tarling Klasik. Karena pada jenis musik Tarling ini gitar dimainkan dengan cara dipetik dalam apoyando dan tirando, tetapi bukan dengan cara strumming/’genjreng’.

Penggunaan askesoris sound efek untuk gitar elektrik diperbolehkan, terutama dalam memainkan karya musik jenis Tarling Modern. Suling yang digunakan dalam musik Tarling adalah suling diatonis, bentuknya miring, di daerah Cirebon telah dikenal dengan nama suling bangsing. Suling ini mempunyai kedudukan seperti vokal. Penggunaan suling ini, mendapat pengaruh dari peninggalan kependudukan Jepang di Cirebon.

keterangan:

Apoyando:  Teknik memetik gitar dengan jari, dengan arah petikan sejajar posisi senar  hingga jari tertahan di senar berikutnya setelah memetik.

Tirando:     Teknik memetik gitar dengan jari, dengan arah etikan menjauhi senar atau   mengayun ke bagian telapak tangan. Juga disebut al aire/free stroke.

Strumming: Membunyikan beberapa senar sekaligus secara serentak dengan menggunakan jari atau plektrum. Teknik ini juga biasa disebut ‘genjrengan’ atau ‘kocokan’.

Source https://riyanhidayat28.wordpress.com/makalah-tentang-tarling-dikembangkan-dari-pemikiran-beberapa-narasumber-dan-literatur/ https://riyanhidayat28.wordpress.com
Comments
Loading...