Inovasi Tarian Gambyong

0 69

Inovasi Tarian Gambyong

Masyarakat Jawa sangat dikenal dengan kebudayaannya yang sangat khas dan beragam. Salah satunya adalah lewat tari tradisional yang mulai di lestarikan sejak jaman dulu. Biasanya tarian ini digunakan dalam acara adat setempat.  Banyak dari para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Jawa yang menyukai jenis tarian ini.

Karena dianggap tari Gambyong memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri dari jenis tarian yang lainnya. Tari Gambyong merupakan salah satu jenis tarian Jawa klasik yang berasal dari daerah Surakarta. Tari ini adalah hasil bentuk baru dari tari Tayub yang dahulu dipertunjukkan untuk menyambung tamu.

Awalnya, tarian ini hanya dibawakan oleh penari tunggal, namun sekarang dengan perkembangan yang ada dilakukan oleh lebih dari satu penari atau sekitar 3-5 orang. Tarian ini merupakan salah satu kebanggaan para masyarakat Jawa yang sampai sekarang masih dilestarikan.

Bahkan banyak para penerus bangsa yang mempelajari tarian khas Jawa ini. Dibuktikan dengan masih adanya sanggar-sanggar tari yang membuka les tarian untuk kemudian melatih para penari-penari pemula yang berbakat dan ingin mempelajari tari Gambyong.

Inovasi Tarian Gambyong

Tidak sedikit masyarakat Indonesia khususnya masyarakat jawa yang tertarik untuk belajar warisan tarian daerah ini. Mereka rela mengikuti les pada sanggar-sanggar tarian yang sekarang sudah banyak disediakan. Dengan banyaknya ketertarikan tersebut, tarian ini terus mengalami inovasi.

Beberapa pengembangan terus dilakukan hingga menghasilkan beberapa tarian gambyong lainnya. Tarian tersebut adalah Gambyong Sala Minulya, Gambyong Gambirsawit, Gambyong Ayun-Ayun, Gambyong Mudhatama, Gambyong Dewandaru, dan Gambyong Campursari.

Meskipun mengalami beberapa inovasi, tarian ini tetap mempunyai ciri khas yang dipunyai sebagai gambaran adat Jawa. Selain sebagai sarana melestarikan budaya Jawa, tarian ini juga digunakan sebagai media penyampaian informasi dan ciri khas masyarakat Jawa, yang tentunya sesuai dengan adat istiadat yang berkembang dalam budaya Jawa.

Source https://www.romadecade.org https://www.romadecade.org/tari-gambyong/#!
Comments
Loading...