Injak Bara Sejit Kong Co Cibinong

0 80

Injak Bara Sejit Kong Co

Sejit Kongco merupakan perayaan yang dirayakan oleh umat Tionghoa. Sejit berarti ulang tahun yang berasal dari bahasa Hokkien, sejit kongco merupakan hari ulang tahun dewa bumi yang dirayakan setahun sekali. Dewa bumi merupakan dewa pemberi rejeki serta kemakmuran. Dalam perayaan ini ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan, yaitu sembahyang, barongsai, liong, serta injak bara. Perayaan ini dilaksanakann di wihara / kelenteng.

Seperti namanya injak bara, berarti kegiatan ini adalah kegiatan dimana orang orang berjalan diatas bara api yang masih panas. Injak bara menarik perhatian banyak orang, Tujuan dari acara ini dipercayai oleh masyarakat untuk membawa keselamatan dan kemakmuran. Orang orang yang ingin menginjak bara harus percaya dan memiliki keyakinan, jika mereka percaya dan memiliki keyakinan maka sewaktu mereka menginjak bara, kaki mereka tidak akan melepuh atau terasa panas. Namun sebaliknya, bila mereka tidak percaya atau saat menginjak bara tiba tiba mereka tidak yakin, maka kaki mereka bisa saja melepuh atau terbakar.

Bara yang akan digunakan berasal dari arang yang ditumpuk memanjang lalu di panaskan dan dibakar. Biasanya injak bara dilakukan malam hari, berarti bara dipanaskan dari sore sekitar jam 4. Menunggu bara panas tidaklah sebentar, membutuhkan waktu berjam jam sampai bara itu ‘matang’. Cara melakukan injak bara ialah dengan berjalan diatas bara itu.

Banyak orang yang antusias untuk mengikuti injak bara ini dan banyak orang yang menonton, kadang tidak jarang menyemangati orang orang yang ingin menginjak bara. Petugas keamananpun tidak jarang harus memperketat penjagaan agar orang orang yang menonton tidak terlalu dekat dengan bara.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Injak-Bara-Sejitt-Kong-Co/
Comments
Loading...