Informasi Budaya Jawa : Rupa-Rupa Bubur Madura

0 114

Bubur merupakan salah satu kuliner asli nusantara yang lahir dari kebudayaan agraris orang Indonesia. Dengan bahan-bahan utama berupa beras atau tepung yang banyak dihasilkan dari tanah Indonesia, bubur mengalami perkembangan dan inovasi, baik dari bahan yang digunakan, cara pengolahan, maupun dari segi cara pembuatannya. Bahkan, setiap daerah di nusantara mempunyai hidangan bubur dengan ciri dan cita rasa khas yang mewakili daerahnya masing-masing, termasuk bubur Madura salah satunya.

Bubur Madura merupakan bubur dengan cita rasa manis yang berisi campuran beberapa bubur seperti, bubur sumsum, bubur ketan item, bubur candil, dan bubur mutiara. Bubur kemudian diberi siraman santan dan gula merah cair. Mengingat bubur Madura merupakan perpaduan beberapa bubur, maka cara membuat sajian ini membutuhkan banyak bahan utama, antara lain tepung beras, beras ketan item, ubi, dan tepung mutiara. Tepung beras menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk membuat bubur sumsum.

Hal yang pertama dilakukan saat membuat tepung beras adalah dengan memasak santan, lalu masukkan garam secukupnya beserta daun pandan. Sambil terus diaduk, masukan tepung beras secara perlahan-lahan. Saat tekstur bubur sudah mulai mengental dan terdapat letupan-letupan, maka bubur sumsum sudah siap untuk disajikan.

Source Indonesia indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/tergoda-rupa-rupa-bubur-madura
Comments
Loading...