Informasi Budaya Jawa : Rumah Batik Jawa Timur

0 101

Berangkat dari kegelisahan akan kurangnya perhatian dan pelestarian batik tulis Jawa Timur, Faega Ismail, mendirikan Rumah Batik pada 2008 silam. Bersamaan dengan pemecahan rekor MURI membatik logo Surabaya berukuran 20×10 meter, Rumah Batik diresmikan berdiri dan disahkan oleh Gubernur Jawa Timur saat itu, Imam Utomo. Syarif Usman, generasi kedua Rumah Batik mengungkapkan, batik Jawa Timur sesungguhnya sangat kaya dan beragam.

Hal ini bisa dilihat dari beragamnya corak dan motif serta kain yang digunakan. Di ruang pamer Rumah Batik di Jalan Margorejo 143 Wonocolo, Surabaya, terpampang sebagian dari begitu banyaknya motif batik Jawa Timur. Koleksi batik tersebut berasal dari kabupaten di Jawa Timur, seperti Sidoarjo, Bojonegoro, Ponorogo, hingga beberapa batik Madura dan Jawa Tengah. Jika dibandingkan dengan batik dari daerah lain, batik Jawa Timur sebagian besar merupakan batik pesisir yang mempunyai ciri khas pada pewarnaannya yang lebih semarak.

Tiap batik dari Jawa Timur juga mempunyai kelebihannya masing-masing. Seperti halnya motif Gajah Weling dari Banyuwangi, mempunyai motif yang indah dengan kainnya yang lebih keras. Dalam dunia fashion, batik Jawa Timur dianggap mampu bersaing dalam dunia fashion modern, mengingat batik dari daerah ini mempunyai motif dan warna yang lebih beragam.

Source indonesia indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/rumah-batik-rumahnya-pembuat-batik-jawa-timur
Comments
Loading...